welcome

Jumat, 12 November 2010

Membangun Web Bisnis




Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya.
Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini digunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain.
TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, biasanya Anda harus berlangganan ke salah satu
ISP (Internet Service Provider) yang ada di kota Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet ataupun Anda dapat menggunakan fasilitas dari Telkom yakni Telkomnet Instan.
Dengan memanfaatkan internet, pemakaian komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk saling berkomunikasi dan pemakaian bersama informasi dengan cara saling kirim e-mail, menghubungkan ke
komputer lain, mengirim dan menerima file, membahas topik tertentu pada newsgroup dan lain-lain.
Fasilitas-Fasilitas yang dapat Anda manfaatkan dengan menggunakan internet, diantaranya :
- Web, adalah fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa teks, gambar, bunyi, animasi dan
data multimedia lainnya, yang diantara data tersebut saling berhubungan satu sama lain. Untuk
memudahkan Anda membaca data dan informasi tesebut Anda dapat mempergunakan web
browser seperti Internet Explorer ataupun Netscape.
- E-Mail (Electronic Mail), dengan fasilitas ini Anda dapat mengirim dan menerima surat
elektronik (e-mail) pada/dari pemakai komputer lain yang terhubung di internet, dan dapat
menyertakan file sebagai lampiran (attachment).
- Newsgroup, fasilitas ini digunakan untuk mendistribusikan artikel, berita, tanggapan, surat,
penawaran ataupun file ke pemakai internet lain yang tergabung dengan kelompok diskusi untuk
topik tertentu. Dengan fasilitas ini pula Anda dapat melakukan diskusi, seminar ataupun
konferensi dengan cara elektronik tanpa terikat waktu, ruang dan tempat.
- FTP (File Transfer Protocol), fasilitas ini digunakan untuk menghubungkan ke server komputer
tertentu dan bila perlu menyalin (download) file yang Anda butuhkan dari server tersebut dan
menyimpannya di komputer Anda.
Ada beberapa istilah yang sering digunakan apabila Anda bekerja dalam Internet, diantaranya yaitu:
- WWW (World Wide Web), merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi
menyediakan data dan informasi untuk digunakan bersama. Berbagai informasi dapat Anda
temukan pada WWW, seperti informasi politik, ekonomi, sosial, budaya, sastra, sejarah, teknologi,
pendidikan dan sebagainya. Kita dapat mengumpamakan WWW ini merupakan perputakaan besar
yang menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan.
- Web Site (Situs Web), merupakan tempat penyimpanan data dan informasi dengan berdasarkan
topik tertentu. Diumpamakan situs Web ini adalah sebuah buku yang berisi topik tertentu.
- Web Pages (Halaman Web), merupakan sebuah halaman khusus dari situs Web tertentu.
Diumpamakan halaman Web ini adalah sebuah halaman khusus buku dari situs Web tertentu.
- Homepage, merupakan sampul halaman yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs Web.
- Browser, merupakan program aplikasi yang digunakan untuk memudahkan Anda melakukan
navigasi berbagai data dan informasi pada WWW.
Metodologi Pembangunan Situs Web
Elemen Pembangunan Situs Web
Situs web merupakan kumpulan halaman web yang berhubungan dan saling terkait.
Keterhubungan ini mempengaruhi keputusan para perancang web dalam menangani setiap elemen web
dan proses-prosesnya. Kelebihan dari metodologi pembangunan situs web ini adalah kemampuan setiap
elemen dalam menutupi kelemahan elemen yang lain. Contohnya, jika pada tahap mendesain, desainer
menghasilkan karya yang buruk, tetapi mungkin saja pada tahap implementasi proses ini bisa jauh lebih
baik. Seperti sebuah pernyataan objektif yang baik dapat memperbaiki sebuah pernyataan usulan yang
buruk.
Elemen dari metodologi pembangunan situs web adalah sebagai berikut:
a. Informasi audience
Pengetahuan tentang target audience web sama baiknya dengan pengguna yang aktual yang
menggunakan informasi. Informasi-informasi ini termasuk latar belakang pengguna, minat, dan
semua perincian yang membantu untuk mempertajam informasi untuk dicocokkan dengan

kebutuhan audience. Seluruh informasi ini tidak dapat dilengkapi selama proses pembangunan web
dilakukan; pembangunan sekumpulan informasi membutuhkan waktu lebih banyak. Informasi dari
audience bisa saja menjadi sangat berguna dan akurat pada satu waktu; kemudian hal tersebut dapat
saja menjadi tidak berguna pada saat audience yang berbeda memulai untuk mengakses web.
b. Proposal
Berisi tentang informasi yang jelas tentang alasan dan ruang lingkup dari existensi web. Selama
melakukan pembangunan situs, Dia harus mempunyai sebuah usulan yang dikemukakan secara
singkat dan jelas. Pernyataan ini dapat bersifat menyeluruh, misalnya “Untuk membuat exisnya
perusahaan di cyberspace,” atau mungkin bisa lebih spesifik seperti “Menyediakan informasi
tentang saluran modem baru yang dimiliki perusahaan.” Proposal ini bersifat dinamik; sebuah
organisasi memulai sebuah web untuk “memulai keberadaannya di cyberspace” untuk tujuan yang
lebih spesifik, perusahaan mungkin menginginkan untuk membuat web melayani pengguna yang
lain. Sebuah pernyataan yang dikemukakan secara singkat dan jelas bagaimanapun dapat berperan
sebagai petunjuk untuk proses pembangunan web dan pengembangannya.
c. Pernyataan yang Objektif
Setelah membuat proposal dalam mendefinisikan tujuan spesifik yang harus disampaikan oleh situs
web. Sebuah pernyataan objektif yang berdasarkan pada proposal digunakan pada paragrap
pendahuluan seperti, “menyediakan informasi tentang saluran modem baru yang dimiliki
perusahaan,” termasuk sebuah pernyataan tentang modem yang ditawarkan oleh perusahaan dan
jenis informasi yang harus diberikan (gambar, harga, skema dan seterusnya). Seperti informasi
untuk pengguna dan proposal, pernyataan objektif adalah dinamis, dan bisa saja menjadi penting
dikemudian hari dalam pengembangan web untuk mendefinisikan pernyataan-pernyataan lain. Jadi,
pernyataan objektif berubah sebagaimana usulan web berubah, informasi tentang audience juga
berubah. Audience mencari modem tiba-tiba saja dapat menjadi sangat memperhatikan tampilan
tombol dari piranti tersebut. Dalam hal ini, sebuah objek dapat dibuat dengan memasukkan gambar
modem pada web itu sendiri.
d. Informasi Domain
Kumpulan pengetahuan dan informasi tentang subjek domain yang ada di cover web, yaitu
informasi yang disediakan untuk audience web dan informasi yang dibutuhkan oleh perancang web.
Misalkan sebuah situs web menawarkan modem, informasi domain yang penting seperti
penggunaan, mekanik, prinsip dan spesifikasi modem. Walaupun tidak semua informasi ini penting
dibuat untuk pengguna web, pengetahuan domain penting untuk dimiliki oleh perancang web.
Sering, pengetahuan tentang domain ini membuat pelengkap yang baik untuk informasi yang
ditawarkan di dalam web. Sebuah manufaktur modem dengan jenis modem yang baik, sehingga
membuat pembeli berminat untuk mengunjungi web tersebut .
e. Spesifikasi Web
Adalah gambaran secara rinci dari batasan dan elemen yang akan ditampilkan di web. Daftar
pernyataan yang spesifik dari informasi apa yang akan ditampilkan sebaik batasan-batasan pada
tampilan. Sebagai contoh, bagian dari spesifikasi tersebut dapat dinyatakan dengan gambar dari
modem yang harus ditempatkan pada halaman hypertext yang sama sebagai sebuah link dengan
formulir pemesanan. Spesifikasi tersebut, bersamaan dengan elemen lain di web, dapat senantiasa
berubah secara konstan.

f. Tampilan Web
Adalah informasi yang akan dikirimkan kepada user. Tampilan tersebut adalah hasil dari rancangan
dan proses implementasi pembangunan web. Dalam proses ini, pilihan yang kreatif yang dibuat
diantara rancangan dan teknik tampilan untuk mendapatkan spesifikasi web; pertimbangan untuk
efisiensi, ektetika, dan pengenalan web.
Daftar elemen yang menyangkut dalam metode perancangan web menunjukkan bahwa terdapat
banyak interaksi dan hubungan. Pada kenyataannya, elemen–elemen ini bergantung pada informasi
terbaik yang dapat digunakan dengan elemen lain agar dapat berhasil. Seorang perancang web, sebagai
contoh, membutuhkan pengetahuan apakah objeknya untuk menjual modem atau untuk memberikan
pendidikan kepada orang-orang tentang modem ketika merancang sebuah web.
Proses Perancangan Situs Web
Ada enam proses dari metodologi perancangan situs web berikut:
Perencanaan
Adalah proses memilih dari banyak kesempatan bersaing untuk berkomunikasi sehingga seluruh tujuan
web dapat dicapai. Tujuan-tujuan ini adalah termasuk antisipasi dan memutuskan target untuk audience,
tujuan dan sasaran dari informasi. Perencanaan juga dilakukan untuk informasi domain melewati sebuah
proses pendefinisian, spesifikasi informasi pendukung yang harus dikumpulkan, bagaimana informasi
dikumpulkan dan bagaimana informasi tersebut di up date. Seorang perencana web memenuhi lebih dulu
keahlian yang dibutuhkan spesifikasi web, sama baiknya dengan keahlian yang dibutuhkan untuk
membangun bagian khusus web. Jika spesifikasi perancangan menggunakan form antar muka (sebuah
keistimewaan yang didukung dengan HTML), sebagai contoh, seorang perencana web harus
mengidentifikasi hal yang dibutuhkan agar yang mengimplementasikan web mempunyai keahlian ini.
Perencana web juga harus mengetahui lebih dulu sumber lain yang dibutuhkan untuk mendukung
operasi dan pengembangan web. Jika seorang audience mengakses statistik, maka akan segera
dikumpulkan seluruh data dan informasi yang berhubungan dengan perusahaan sehingga situs web
tersebut harus mampu mendapatkan dan menginstall program statistik web.
2.2.2 Analisis
Proses mengumpulkan dan membandingkan informasi tentang web dan pengoperasiannya dengan tujuan
untuk memperbaiki kualitas web secara keseluruhan. Sebuah operasi yang penting adalah saat seorang
analis web memeriksa informasi yang telah dikumpulkan tentang audience untuk relevansinya dengan
elemen lain atau proses dalam pengembangan web. Informasi tentang tingkat minat pengguna dapat
menjadi dampak yang harus diperhatikan dan harus disediakan untuk audience sebagai keterangan
produk atau topik. Analisa dari perancang web, seperti isi dari web kompetitor, harus dipertimbangkan.
Seorang analis mempunyai banyak alternatif dan mengumpulkan informasi untuk membantu proses
perencanaan, perancangan, implementasi dan pengembangan.
Perancangan
Sebuah proses yang dilakukan oleh perancang web, mengerjakan spesifikasi web, membuat keputusan
tentang bagaimana komponen web diaktualisasikan. Proses ini menyangkut tujuan web tersebut,
audience, objek, dan informasi domain. Perancang yang baik tahu bagaimana mendapatkan efek yang
dibutuhkan oleh spesifikasi tersebut dengan cara yang paling fleksibel, efisien dan elegan. Dikarenakan
hal tersebut cukup sulit pada proses yang lain dan elemen-elemen yang ada di dalam pengembangan web,
bagaimanapun, proses perancangan tidaklah menjadi lebih penting daripada yang lain, tetapi persyaratan

tersebut menjadi dasar dalam kemungkinan-kemungkinan implementasi sama baiknya dengan
mengetahui seberapa penting akibat dari struktur web untuk audience.
Implementasi
Proses dibangunnya web menggunakan Hyper Text Markup Language (HTML), sehingga proses
implementasi mungkin lebih mirip dengan pengembangan software sebab menggunakan syntax yang
spesifik untuk pengkodean struktur web dalam sebuah bahasa formasi dalam file komputer. Walaupun
banyak tools yang dapat digunakan untuk membantu pembangunan dokumen HTML, dasar-dasar
HTML sama baiknya dengan bagaimana sebuah rancangan diimplementasikan ke dalam HTML dapat
memperkaya pengalaman implementator web.
Promosi
Proses mengendalikan semua masalah promosi di web. Termasuk di dalamnya bagaimana web ini
dikenal eksis oleh komunitas on line melewati publisitas, sebaik bisnis atau hubungan informasi lain
dengan web yang lain. Promosi menyangkut strategi pemasaran tertentu atau membuat model bisnis.
Inovasi
Proses pengembangan dan perbaikan secara terus menerus. Termasuk mengikuti perkembangan
teknologi untuk inovasi-inovasi baru yang mungkin cocok untuk pengembangan web, sama baiknya
dengan kreativitas, atau cara yang unik untuk memperbaiki elemen-elemen web, atau mengikat audience
dengan keberhasilan web. Inovasi juga menyangkut mencari improvisasi yang bisa digunakan secara
terus menerus, dan kualitas web dan harapan pengguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar